koekoo koekoo belajar menjadi entrepreneur dan visioner, yang dilahirkan di dusun kecil daerah Salaman, Magelang.

Hadist Arbain Nawawi ke 3

3 min read

hadist arbain nawawi ke 2

Hadist Arbain Nawawi ke 3 – Jika tidak sekarang mau kapan lagi? Insan yang masuk Islam diwajibkan untuk menuntut ilmu dari lahir hingga meningggal.

Bahkan, ketika Anda ingin sukses dunia dan akhirat harus diiringi dengan ilmu yang bagus. Bagaimana tidak? Anda melakukan kegiatan namun tidak mengerti apa yang sedang dikerjakan dan tujuan akhirnya.

Kalau diperhatikan, banyak sekali orang di India sudah memiliki tujuan sesuai passionnya. Misalnya saja dalam dunia teknologi. Mereka sudah tahu kelak akan menjadi apa. Katakanlah ada yang ingin menjadi network engineer. Nah dia akan melakukan breakdown caranya, sehingga kemungkinan menggapainya lebih realistis dan cepat.

Kembali ke topik pertama, di kesempatan kali ini Anda aka mempelajari isi hadist arbain nawawi nomor 2, yaitu rukun islam dan meninggalkan sholat.

Rukun ISLAM

Sebagai seorang muslim sudah selayaknya mengetahui dan mengamalkan rukun islam ini. Mungkin dari Anda semua masih belum tahu berapa jumlah rukun islam itu?

Jumlah rukun islam itu ada 5 hal. Hidup di dunia ini hanya sekali, oleh karena itu sudah selayaknya menjadi hal yang dilakukan tanpa terpaksa. Berikut adalah 5 hal tersebut :

  • Mengucapkan dua kalimat Syahadat
  • Mendirikan Sholat
  • Berpuasa di bulan Ramadhan
  • Menunaikan Zakat
  • Melakuakn Haji (bila mampu)

Hal demikian juga sudah dijelaskan dalam hadist arbain nawawi ke dua , seperti berikut ini :

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ ” رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ “

Artinya :

Dari Abu  ‘Abdurrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu ‘anhuma, ia mengatakan bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah; menunaikan shalat; menunaikan zakat; menunaikan haji ke Baitullah; dan berpuasa Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 8; Muslim, no. 16]

 

Meninggalkan Sholat

bahaya tidur sore hari

Bagi kaum muslim diwajibkan juga untuk melakukan sholat setiap harinya, yaitu sholat 5 waktu. Ketika seorang muslim tidak melakukannya atau meninggalkan sholat, maka dosanya sangatlah besar. Bahkan lebih besar dari dosa zina dan riba. Dosa Besar.

Tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk meninggalkan sholat. Bahkan ketika Anda sakit sekaligus, terdapat keringan untuk melaksanakan sholat.

Misalnya saja Anda sakit kulit dan tidak diperbolehkan terkena air. Hal buruk akan terjadi jika air sampai mengenai kulit dan menimbulkan sakit semakin parah. Orang muslim masih bisa melaksanakan sholat tanpa wudhu, tetapi diganti dengan tayamum.

Sebenarnya masih banyak contoh lainnya, seperti Anda tidak kuasa berdiri ketika melaksakan sholat. Maka Anda bisa melaksanakan sambil duduk, tidak bisa duduk? Anda masih bisa sholat sembari berbaring. Masih tidak bisa berbaring dan menggerakkan anggota tubuh? Anda masih bisa sholat dengan mengedipkan mata.

Tidak ada alasan untuk meninggkanlan sholat. Orang yang tertidur atau lupa (tidak kebiasaan) wajib mengerjakan sholat ketika ingat. Itu adalah tanda bahwa sholat sangatlah penting sekali.

Dibawah ini juga disediakan hadist pedukung jikalau sholat sangatlah penting dan tidak boleh ditinggalkan.

 

مَنْ نَسِىَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا ، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلاَّ ذَلِكَ

Artinya :

Barangsiapa yang lupa shalat, hendaklah ia shalat ketika ia ingat. Tidak ada kewajiban baginya selain itu.” (HR. Bukhari, no. 597; Muslim, no. 684)

 

مَنْ نَسِىَ صَلاَةً أَوْ نَامَ عَنْهَا فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا

Artinya :

Barangsiapa yang lupa shalat atau tertidur, maka tebusannya adalah ia shalat ketika ia ingat.”    (HR. Muslim, no. 684)

 

Demikian adalah isi hadist arbain nawawi nomor tiga. Akhir kata, penulis ingin mengajak pembaca umumnya untuk selalu meningkatkan sholat dan meningkatkan ketaqwaan. Tulisan ini juga saya  khususkan sebagai pengingat untuk diri saya pribadi untuk meningkatkan ketaqwaan. Apabila ada kesalah penulisan, jangan sungkan untuk berkomentar atau kontak admin.

koekoo.net

***

koekoo koekoo belajar menjadi entrepreneur dan visioner, yang dilahirkan di dusun kecil daerah Salaman, Magelang.

Hadist Arbain Nawawi ke 2

koekoo
7 min read

Hadist Arbain Nawawi ke 1

koekoo
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *