koekoo koekoo belajar menjadi entrepreneur dan visioner, yang dilahirkan di dusun kecil daerah Salaman, Magelang.

RFID with LED

1 min read

rfid with led

RFID with LED. Pernah mendengar kartu rfid? Apa itu kartu rfid dan fungsinya untuk apa? Sudah banyak sekali negara maju yang memakai teknologi ini untuk berbagai bidang. Misalnya saja dibidang hotel. Ketika menyewa hotel, sebagian hotel akan memberikan Anda sebuat kartu.

Kartu apa itu? Yapp.. dengan kartu tersebut Anda bisa membuka pintu dan menyalakan lampu di kamar hotel yang Anda sewa. Di dalam kartu ini terdapat chip kecil, sehingga akan menampilkan nomor serial di dashboard admin dan didaftarkan untuk mengakses kamar.

Faktanya, E-KTP juga memilki serial sendiri lho.. Anda bisa melihat nomor kartu Anda ketika melakukan tapping di rfid. Dengan begitu akan tampil nomor seri dari e-ktp.

Baiklah.. dikesempatan kali ini, Anda akan belajar dasar rfid untuk menyalakan lampu LED. Perhatikan, simak dengan seksama agar tidak ada kendalan dalam praktek.

Alat dan Bahan

Sebelum melangkah ke tahap tutorial rfid with led Anda harus menyiapkan untuk kelancaran praktek. Sulit jika Anda belajar setengah dan tidak langsung praktek.

  • RFID dan Kartunya
  • Arduino IDE
  • Arduino Board
  • Jumper
  • LED
  • RFID Mater dan RFID

Tutorial

Ikuti langkah dibawah ini dengan cermat untuk meminimalisit kegagalan dan trouble.

Sambungkan RFID dan dengan board arduino

rfid with led koekoo

Masukkan RFID Master dan RFID. Sketch >> Include Library >> Add .ZIP Library

rfid master koekoo

  • Masukkan Pin LED di Pin 7. Kaki pendek LED untuk ground dan panjang untuk VCC

Masukkan kode dibawah ini di arduino  IDE. Download

Upload kodenya dan gantilah nomor ini “21722396185” dengan nomor kartu Anda dengan tapping di rfid.

 

Selesai.

Itulah Tutorial rfid with led. Sangat mudah sekali bukan? Anda bisa berkreasi sesuai keinginan Anda untuk membuat produk atau praktikum untuk murid-murid Anda.

Kesalahan

Faktanya, dalam prakteknya tidak semudah yang Anda bayangkan. Barangkali Anda mengalami kesulitan atau kendala yang membuat rambut Anda habis. Berdasarkan pengalaman, beriku adalah hal yang perlu Anda ketahui dan hindari agar meminimalisir kesalahan.

Hasil Solder

Khusus Anda yang sudah lama bergelut dengan elektronik, dapat dipastikan sudah tidak asing dengan istilah solder. Sebelum menghubungkan rfid dengan arduino, Anda akan melakukan solder bagian bawah rfid. Lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai rusak.

Jumper Kendor

Kabel yang kendor akan membuat praktikum Anda tidak sempurna dan mengalami problem. Sehingga pastikan kabel jumper sudah terhubung dengan baik dan benar. Eitsss.. Anda tidak boleh salah dalam pemasangan pin. Mengapa? Karena code diatas sudah disesuaikan dengan port.

Pin Rusak

Barang yang sering dipakai akan sering rusak. Oleh karena itu, pastikan pin juga dalam keadaan baik dan tidak melebar. Saat Anda memakai pin berulang kali, bisa jadi pin menjadi rusak dan tidak perfungsi. Solusinya dengan memperbaiki jika Anda ahli atau dengan mengganti dengan alat yang baru.

Codingan Salah

Untuk menghindari salah dalam code, Anda bisa copas code diatas untuk melancarkan praktikum Anda. Code dalam arduino biasanya memakai bahasa C, sehingga akan mudah dalam memahaminya.

 

koekoo.net

koekoo koekoo belajar menjadi entrepreneur dan visioner, yang dilahirkan di dusun kecil daerah Salaman, Magelang.

Sensor Gempa dengan Arduino

koekoo
1 min read

Sensor Api dengan Arduino

koekoo
45 sec read

Apa Itu Augment Reality

koekoo
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *